Thursday, December 20, 2007

Dua Sisi mata Uang

Baru-baru ini penulis berkesempatan untuk bertemu langsung dengan seorang teman yang penulis kenal melalui dunia maya (istilah kerennyakopi darat”). Setelah berjumpa beberapa kali, si teman ini menyatakan bahwa ia seakan berkomunikasi dengan dua pribadi yang berbeda, pribadi aktual yang dijumpainya dalam dunia nyata dan pribadi lain yang dikenalnya melalui email.


Pernyataan ini sebenarnya tidak baru didengar oleh penulis, beberapa teman penulis lainnya pun menyatakan demikian (lihat posting “Nasib Sebagai Introvert”). Yang baru adalah ini dinyatakan oleh teman yang baru penulis kenal.


Penulis bertanya pribadi mana yang menarik, dan jawabnya adalah pribadi yang dikenalnya di dunia maya (kasian deh gue, ternyata gue gak menarik secara nyata….he3x). Kemudian penulis bertanya lagi menurutnya pribadi mana yang benar-benar pribadi penulis, dan ia mengatakan pribadi yang dijumpainya di dunia nyata (dituduh penipu oh noo…).


Untuk jawaban terakhir, penulis tidak sependapat dengan teman tersebut. Penulis tidaklah berusaha menipu siapapun di dunia maya, tidak berusaha berpura-pura atau menyembunyikan sesuatu. Kedua pribadi tersebut adalah bagian dari diri penulis. Bila pembaca sekalian pernah membaca cerita “Dr. Jeckyl and Mr.Hyde”, atau bagi para teman-teman Kristen yang mengimani “Tri-Tunggal”, atau konsep “Yin-Yang” dalam Taoisme, maka sebenarnya hal demikian dapat dimengerti. Kedua pribadi tersebut manifestasi dari usaha penulis beradaptasi dengan lingkungan. Seperti layaknya binatang amfibi yang bernafas dengan insang ketika di air, lalu dengan paru-paru ketika di darat (gue kodok donk…...he3x).


Seperti tulisan sebelumnya, “Nasib sebagai Introvert”, penulis adalah seorang introvert yang menemukan kebebasan di dunia maya. But for real, I am an introvert born to be. Dunia maya telah membentuk pribadi penulis secara berbeda dengan dunia nyata membentuknya, so jadilah demikian.

Bila ada yang meminta penulis untuk memilih salah satu diantara kedua pribadi terebut, maka penulis tidak akan melakukannya. Kedua pribadi tersebut adalah jati diri penulis sebenarnya, it is mine, it is me. Seperti dua sisi mata uang, bila salah satu hilang maka keping uang tersebut tidak akan mempunyai nilai. Kedua sisi mata uang tersebut harus ada dan nampak untuk membuat keping tersebut berharga.


Dan melalui tulisan ini penulis menghimbau bagi teman-teman yang sedang berteman di dunia maya, kopi darat donk….supaya tau sisi lain dari keping uang itu…kalo kelihatan juga gak apa2…so what gitu lho…he3x

No comments: